Hubungi kami

Tanya Jawab tentang aplikasi ViCare

Unduh aplikasi ViCare
© 35mmf2 / Shutterstock.com

Bagaimana cara kerja aplikasi ViCare? Apa yang dapat saya lakukan dan fungsi apa saja yang dimilikinya? Bagaimana cara menginstal aplikasi dengan benar? Anda dapat menemukan jawabannya di bawah ini, bersama dengan informasi yang berguna tentang pertanyaan yang paling sering diajukan tentang aplikasi ViCare.

Kompatibilitas

Daftar lengkap sistem pemanas dibagi menjadi dua kategori, tergantung pada apakah sistem tersebut memiliki modul WiFi internal atau tidak. Perangkat Viessmann yang lebih baru dengan WLAN di dalamnya (yang disebut sistem "One Base") dapat terhubung langsung ke cloud Viessmann dan dikontrol melalui aplikasi ViCare. Perangkat yang lebih lama memerlukan gateway internet Viessmann Vitoconnect. Silakan hubungi teknisi pemanas Anda jika Anda tidak yakin dengan solusi yang tepat.

Berikut ini adalah daftar sistem pemanas generasi lama yang bekerja dengan perangkat ViCare yang dikombinasikan dengan Viessmann Vitoconnect OPTO2:

Vitocal

  • Vitocal 200-S, tipe: WO1A, WO1B, WO1C
  • Vitocal 222, tipe: WO1A, WO1B
  • Vitocal 222-G, tipe: WO1C
  • Vitocal 222-S, tipe: WO1C
  • Vitocal 242-G, tipe: WO1A, WO1B, WO1C
  • Vitocal 242-S, tipe: WO1C
  • Vitocal 333, tipe: WO1A, WO1B
  • Vitocal 333-G, tipe: WO1C
  • Vitocal 343-G, tipe: WO1A, WO1B, WO1C
  • Vitocal 3xx-A, tipe: WO1A, WO1B
  • Vitocal xxx-A, tipe: WO1C
  • Vitocal xxx-G, tipe: WO1C

Vitocrossal

  • Vitocrossal 300, tipe: HO1A, KW6B
  • Vitocrossal 300, model: CU3A, tipe: KW6B

Vitodens

  • Vitodens 200, tipe: HO1B, HO2B, HO2C
  • Vitodens 200-W, tipe: HO1, HO1A, HO1B
  • Vitodens 222-F, tipe: HO1A, HO1B
  • Vitodens 242-F, tipe: HO1A, HO1B
  • Vitodens 2xx-F, model: B2HA, B2KA, B2LA, B2TA, B2SA, tipe: HO1B
  • Vitodens 2xx-W, model: B2HA, B2KA, B2LA, B2TA, B2SA, tipe: HO1B
  • Vitodens 300-W, tipe: HO1, HO1A, HO1B, HO1C, HO2B, HO2C
  • Vitodens 333-F, tipe: HO1, HO1A, HO1B, HO1C, HO2B, HO2C
  • Vitodens 343-F, tipe: HO1A, HO1B, HO1C, HO2B, HO2C

Vitola

  • Vitola 100, tipe: KW1, KW2
  • Vitola 200, tipe: KO1B

Vitoladens

  • Vitoladens 300-C, tipe: HO1A, HO1B, KW6B
  • Vitoladens 300-T, tipe: KO1B
  • Vitoladens 300-W, tipe: HO1, HO1B
  • Vitoladens 333-F, tipe: HO1A, HO1B

Vitoligno

  • Vitoligno 200-S Ecotronic v2.03+
  • Vitoligno 250-F Ecotronic v2.00+
  • Vitoligno 250-S Ecotronic v2.00+
  • Vitoligno 300-C Ecotronic v2.12+
  • Vitoligno 300-H Ecotronic
  • Vitoligno 300-S Ecotronic v2.04+
  • Vitoligno 300-P, tipe: F01

Vitorondens

  • Vitorondens 200-T, tipe: KO2B
  • Vitorondens 222-F, tipe: KO2B

Lainnya

  • Vitocaldens 222-F, tipe: WO1C
  • Vitogas 200-F, tipe: KO1B, KO2B
  • Vitopend 200-W, tipe: HO1, HO1A, HO1B
  • Vitoplus 300, tipe: HO1
  • Vitosolar 300-F, tipe: HO1C
  • Vitosorp 200-F

Menginstal dan mendaftar

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menghubungkan sistem pemanas Viessmann ke aplikasi ViCare:

  1. Unduh aplikasi ViCare (iOS atau Android).
  2. Ikuti petunjuk di aplikasi ViCare.

Untuk mendaftar, buat akun pengguna di aplikasi di bawah item "Buat akun baru". Untuk membuat akun, Anda harus memberikan informasi berikut ini:

  • Nama depan dan nama keluarga
  • Alamat
  • Telepon

Anda juga harus memberikan lokasi sistem pemanas Anda jika berbeda dengan alamat Anda. Informasi ini membantu kontraktor menemukan alamat Anda yang tepat setelah layanan selesai. Terakhir, Anda harus menerima kebijakan privasi dan persyaratan penggunaan untuk menyelesaikan prosesnya. Anda sekarang telah mengonfigurasi aplikasi ViCare.

Anda dapat mengunduh aplikasi ViCare dari App Store atau Google Play Store. Perhatikan persyaratan minimum untuk sistem operasi Anda.

ViCare adalah aplikasi asli, yaitu dikembangkan untuk sistem operasi seluler. Versi PC saat ini tidak tersedia.

Modul Vitoconnect dapat dengan mudah didaftarkan melalui plug & play. Yang perlu Anda lakukan adalah memindai kode QR yang disediakan dengan ponsel cerdas Anda. Saat Anda melakukan ini, pastikan Vitoconnect dan unit kontrol Vitotronic sistem pemanas terhubung ke daya dan internet menggunakan kabel yang disediakan. Memindai kode akan menghubungkan Vitoconnect ke akun Anda di aplikasi ViCare. Untuk melakukan ini, Anda harus mengunduh aplikasi dan membuat akun pengguna di sana.

Cukup unduh aplikasi ViCare ke perangkat baru Anda. Kemudian masuk dengan alamat email dan kata sandi Anda. Anda tidak perlu membuat akun baru atau mengkonfigurasi ulang aplikasi. Setelah Anda masuk, Anda dapat terus menggunakan layanan aplikasi ViCare.

Untuk keamanan, Vitoconnect terhubung secara permanen ke unit kontrol sistem pemanas yang sesuai. Sebelum Anda membeli sistem pemanas Viessmann yang baru, Vitoconnect harus diatur ulang. Untuk melakukan ini, kirimkan email ke alamat berikut: td@viessmann.com Ini harus dilakukan dari alamat tempat Anda mendaftarkan Vitoconnect Anda. Kemudian pasang Vitoconnect dan hubungkan ke sistem pemanas yang baru.

Kode QR juga dilekatkan pada penutup Vitoconnect, langsung pada papan sirkuit. Lepaskan kabel daya dan USB dari Vitoconnect dan lepaskan penutup enklosur. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menarik penutup ke arah Anda di bagian bawah dan kemudian mengangkatnya. Untuk informasi rinci, lihat langkah 1 dalam file PDF "Commissioning".

Pada dasarnya, sistem operasi, yaitu aplikasi ViCare, melaporkan kapan dan pembaruan apa saja yang tersedia. Anda harus mengonfirmasi pemberitahuan ini kemudian mengunduh dan menginstal pembaruan. Dengan pengaturan yang sesuai pada ponsel cerdas Anda, pembaruan dapat diunduh secara otomatis.

Setiap ekstensi yang tersedia akan diinstal dengan pembaruan aplikasi. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperbarui aplikasi. Setelah setiap pembaruan, pemberitahuan akan memberi tahu Anda apa yang baru dan apa yang telah berubah.

Unduh aplikasi ViCare

Jadikan pemanas Anda cerdas dengan ViCare. Nikmati kehangatan yang sempurna dan kepastian yang didapat dengan mengetahui apa yang terjadi.

Konektivitas

Ada sejumlah manfaat untuk menghubungkan sistem pemanas Viessmann Anda ke internet, mengendalikannya dengan aplikasi ViCare dan melihat data konsumsi Anda.

  • Kenyamanan
  • Pembaruan
  • Keamanan
  • Jaminan

Selain itu, setelah Anda menghubungkan sistem pemanas Anda, Anda juga memiliki pilihan untuk memperpanjang jaminan Anda dari dua hingga lima tahun. Untuk memastikan bahwa perpanjangan jaminan tetap berlaku, sistem pemanas Anda harus tetap online dan terhubung selama periode tersebut.

Baca di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang konektivitas di rumah Anda dan sistem Viessmann Anda.

  1. Unduh aplikasi ViCare untuk perangkat iOS atau Android Anda.
  2. Siapkan akun ViCare Anda.
  3. Pindai kode QR alat pemanas Anda.

Tips: Pastikan Anda memasukkan alamat email yang benar untuk masuk ke aplikasi ViCare dan perbarui kata sandi Anda setidaknya setiap enam bulan.

  • Router WiFi harus dilindungi oleh kata sandi WPA2 yang cukup aman, yang harus terdiri dari min. 8 dan maks. Panjangnya 63 karakter.
  • Pastikan router WiFi selalu memiliki pembaruan firmware terbaru.
  • Sambungan antara generator panas dan router WiFi tidak boleh tidak terenkripsi.
  • Gunakan koneksi internet dengan ketersediaan tinggi, sebaiknya dengan tarif flat-rate (tanpa batasan waktu atau volume data).
  • Frekuensi sinyal WiFi Anda harus 2,4 GHz untuk koneksi terbaik.
  • DHCP (pengalamatan IP dinamis) harus diaktifkan.

Parameter perutean dan keamanan harus diatur dalam jaringan IP (LAN).

  • Untuk koneksi keluar langsung, aktifkan port berikut ini:
    • Port 80
    • Port 123
    • Port 443
    • Port 8883

Harap diperhatikan: Jika Anda tidak terbiasa dengan proses ini, sebaiknya konsultasikan dengan ahli TI yang dapat membantu Anda dalam penyiapan.

  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dari penyedia layanan internet Anda.
  • Jika Anda baru saja mengganti penyedia dan/atau router, atur ulang koneksi.
  • Periksa kekuatan sinyal di aplikasi ViCare (Pengaturan -> Perangkat -> Modul komunikasi)
  • Jika Anda memiliki alat pemanas Viessmann generasi lama dengan modul komunikasi Vitoconnect eksternal, cobalah untuk menempatkannya di suatu tempat dengan sinyal yang lebih kuat. Jika Anda perlu memasangkan perangkat lagi, gulir ke bawah ke bagian "Pemasangan Vitoconnect"
  • Di area "Pemberitahuan" di ViCare, Anda dapat memeriksa apakah Viessmann sedang melakukan pekerjaan pemeliharaan atau apakah sistem sedang dipulihkan setelah pemadaman sementara.
  • Jika tips ini tidak membantu atau kekuatan sinyal sangat rendah, mulai ulang modul komunikasi Anda. Anda dapat melakukan restart melalui Pengaturan > Perangkat > Modul komunikasi.
  • Jika router terletak agak jauh dari sistem pemanas Anda, Anda dapat memasang penguat sinyal WiFi di rumah Anda
  • Jika Anda memiliki kontrol ruangan tersendiri, memasang repeater ViCare dapat meningkatkan komunikasi antar perangkat.

Untuk menghubungkan kembali aplikasi ke Vitoconnect, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, tekan tombol reset pada Vitoconnect selama beberapa detik.
  2. Perbarui pengaturan WiFi Anda di aplikasi ViCare: Pengaturan > Perangkat > Modul komunikasi > Pengaturan jaringan
  3. Aplikasi akan meminta nomor seri. Cara termudah untuk memasukkannya adalah dengan memindai kode QR yang disertakan dengan Vitoconnect Anda.
  4. Aplikasi sekarang siap digunakan.

Jika langkah-langkah ini tidak menyelesaikan masalah koneksi Anda, baca artikel lebih lanjut di FAQ kami atau hubungi Komunitas Viessmann untuk dukungan lebih lanjut.

Pengoperasian dan fungsi

Anda dapat menemukan semua informasi tentang fungsi dan cara mengoperasikan aplikasi ViCare di halaman aplikasi ViCare atau di mitra dagang Viessmann setempat.

Selain suhu sirkuit pemanas, Anda dapat melihat suhu DHW dan suhu luar. Semua informasi yang tersedia disajikan dalam tampilan ubin yang jelas. Mode pemanasan juga ditunjukkan.

Program waktu ditampilkan sebagai kalender dengan jam dan saat Anda berada di rumah, simbol rumah ditampilkan.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi halaman aplikasi Viessmann ViCare.

Anda dapat mengatur mode Comfort dan Party menggunakan aplikasi ViCare. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah menyeimbangkan antara kebutuhan dan kinerja. Anda dapat mengatur opsi ini dengan perangkat Android dan iOS.

Mode Ekonomi hanya dapat diatur jika unit kontrol sistem pemanas Anda mendukung fungsi ini. Jika tidak, Anda tidak dapat membuat pengaturan ini melalui aplikasi.

Pesan error dan kesalahan

Jika aplikasi ViCare tidak dapat terhubung ke sistem pemanas, periksa apakah ada koneksi internet.

Menutup aplikasi sepenuhnya. Jika Anda memiliki produk Apple, tekan dua kali tombol Home dan usap aplikasi ke atas untuk menutupnya. Kemudian jalankan kembali aplikasi. Aplikasi ViCare seharusnya sudah berfungsi kembali. Untuk berjaga-jaga, periksa juga App Store atau Play Store untuk pembaruan ViCare. Pastikan juga sistem operasi Anda memenuhi persyaratan minimum. Secara khusus, ini berarti iOS 10.3 atau Android 4.4 ke atas.

If the faults recur in the app itself, contact vicare-service@viessmann.com. If the faults occur in the heating system, contact a Viessmann trade partner or your trusted heating contractor.

Aplikasi ViCare hanya menampilkan suhu luar jika pengontrol pemanas memiliki fungsi ini. Ini berarti bahwa suhu luar hanya tersedia jika sistem pemanas memiliki kompensasi cuaca dan dilengkapi dengan sensor suhu luar.

Saat ini, aplikasi ViCare tidak mendukung indikasi suhu aliran.

Untuk menemukan suhu air ketel, buka titik menu "Pengaturan", gulir ke bawah ke "Perangkat" dan ketuk "Ketel". Suhu air boiler ditunjukkan untuk semua sistem pemanas minyak dan gas.

Pada layar awal aplikasi ViCare, terdapat fungsi "Lupa kata sandi". Masukkan alamat email yang Anda daftarkan. Anda kemudian akan menerima email yang dapat digunakan untuk menetapkan kata sandi baru.

Periksa posisi router Anda dan periksa semua kabel koneksi.

Jika keduanya baik-baik saja, pasang pengulang WiFi untuk memperkuat sinyal WiFi Anda. Hal ini akan memberikan koneksi yang stabil antara ponsel cerdas Anda dan sistem pemanas.

Suhu aktual hanya ditampilkan jika aplikasi menerima data ini dari sistem pemanas. Untuk itu, unit kontrol pemanas harus dilengkapi dengan fungsi yang diperlukan. Jika Anda belum memasang termometer ruangan, seperti remote control, maka tidak ada data untuk termometer tersebut dan aplikasi akan menampilkan "--".

Privasi

Kami adalah bisnis dengan sejarah lebih dari 100 tahun dan standar kualitas tertinggi. Kami menganggap diri kami sebagai mitra yang dapat diandalkan dalam kehidupan pelanggan kami. Penanganan data Anda secara transparan adalah bagian utama dari keandalan ini.

  • Keamanan: Kami terus meninjau sistem kami untuk memastikan tingkat keamanan data tertinggi bagi para pengguna kami. Kami bekerja sesuai dengan GDPR dan sistem komunikasi data kami bersertifikat VDE.

  • Server: Server kami berlokasi di Uni Eropa. Data Anda akan diperlakukan secara rahasia dan hanya akan dapat diakses oleh Anda dan, jika berlaku, mitra dagang Anda jika Anda telah melakukan pemesanan layanan online dengan mereka.

  • Kualitas: Standar Viessmann yang tinggi juga berlaku untuk produk digital kami. Selain itu, kami tanpa henti mematuhi praktik-praktik terbaik industri.

Di mana saya dapat menemukan pemberitahuan hukum Viessmann?

Anda dapat melihat pemberitahuan hukum kami kapan saja di sini:

Apakah Anda belum menemukan jawaban atas pertanyaan Anda?

Bagaimana kami bisa membantu?

Untuk pertanyaan mengenai Pemanas Air dan Pemurni Air, klik tombol di bawah ini untuk menghubungi kami melalui WhatsApp, atau kirimkan rincian pertanyaan Anda melalui formulir kontak kami. Kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.

Hubungi kami