Hubungi kami

Bahkan sistem pemanas yang paling andal pun bisa rusak

Gambar © Africa Studio / Shutterstock.com

Sistem pemanas yang menyala dalam sekejap - peristiwa ini sering kali lebih lama tersimpan dalam ingatan Anda daripada hari-hari lainnya yang diam-diam melakukan tugasnya. Kita menyukai kenyamanan dan cepat terbiasa dengan suhu ruangan yang nyaman. Jadi, ini merupakan kejutan yang tidak menyenangkan ketika sistem pemanas gagal dan panas yang nyaman itu tidak terwujud. Untuk memastikan bahwa pengguna sistem tidak sepenuhnya tidak siap jika terjadi kegagalan sistem pemanas, kami telah membuat daftar penyebab dan tindakan yang paling penting dalam panduan kami, yang dengannya kesalahan dapat diatasi dengan cepat dan aman.

Tanda-tanda bahwa sistem pemanas rusak

Sistem pemanas yang rusak biasanya terlihat dari radiator yang tetap dingin, meskipun pemanas telah dinyalakan dan termostat dinaikkan. Daftar berikut ini menunjukkan tanda-tanda kerusakan sistem pemanas yang terjadi:

  • satu atau lebih radiator tetap dingin
  • sistem pemanas tidak dapat dihidupkan
  • pemanas tidak dapat dimatikan
  • sistem pemanas yang dinyalakan terus mati
  • sistem pemanas menampilkan kode kesalahan/pesan kesalahan

Penyebab sistem pemanas yang rusak

Kegagalan pemanasan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Masalahnya: sebagian besar penyebabnya memiliki efek yang sama, atau setidaknya mirip: radiator dingin dan ruangan dingin. Ketika dihadapkan pada hal ini untuk pertama kalinya, sering kali sulit untuk memastikan apakah ini hanya masalah sehari-hari yang mudah diperbaiki atau apakah ada alasan serius yang mungkin membuat Anda harus mengganti seluruh sistem. Membuat perbedaan ini adalah langkah pertama.

Kegagalan atau kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan pengoperasian, pengaturan yang salah, atau kurangnya perhatian. Jika pemanas tidak kunjung hangat, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa penyebabnya: apakah bahan bakarnya cukup? Jika ya, apakah suplai bahan bakar berfungsi? Untuk memeriksa apakah bahan bakar perlu diisi ulang, dengan melihat sekilas pada indikator level (untuk sistem pemanas oli) biasanya sudah cukup. Untuk memastikan pasokan bahan bakar, komponen yang sesuai, misalnya katup gas, harus diperiksa. Jika masalahnya juga tidak dapat ditemukan di sini, ada baiknya Anda mencermati koneksinya. Tetapi ini hanya untuk memberikan informasi kepada pemasang sistem pemanas.

PenyebabSolusi
Bahan bakar telah habis atau tidak diisikan dengan benarPeriksa indikator level, isi tangki/silinder jika perlu
Kurva pemanasan tidak disetel dengan benarSetel ulang kurva pemanasan
Pemanasan masih berjalan dalam mode musim panasUbah pengaturan ke mode musim dingin
Tekanan air tidak mencukupi dalam sistem pemanasPeriksa pengukur tekanan, idealnya: 1,5-2 bar, isi ulang air pemanas, lakukan penyeimbangan hidronik jika perlu
Sakelar darurat telah mengganggu catu dayaTekan kembali sakelar darurat di ruang ketel dan nyalakan sistem
Pesan kesalahan/kode kesalahan pada boilerPemecahan masalah, temukan kode dalam petunjuk pengoperasian, hubungi teknisi pemanas

Aturan umumnya adalah: kontraktor harus dikonsultasikan jika penyebabnya tidak dapat diidentifikasi dengan jelas. Hal ini berlaku terutama jika ada komponen yang rusak, misalnya pompa pemanas. Selain pompa pemanas atau pompa sirkulasi, katup termostatik pada radiator juga bisa rusak. Ada juga banyak komponen lain yang mungkin rusak, tidak disetel dengan benar atau terkontaminasi. Ini termasuk, misalnya:

  • pembakar
  • katup luapan
  • filter oli
  • pengontrol suhu
  • sensor ketel
  • unit kontrol pemanas
  • bejana ekspansi

Jika salah satu atau beberapa komponen ini rusak, diperlukan keahlian ahli. Pengguna sistem harus segera menghubungi kontraktor pemanas tepercaya untuk melakukan perbaikan atau penggantian.

Beritahukan kontraktor terlebih dahulu tentang kode kesalahan

Kesalahan tertentu menyebabkan kode kesalahan muncul pada tampilan sistem pemanas Viessmann. Ini tercantum dalam tabel dalam petunjuk servis untuk sistem pemanas Viessmann Anda. Jika ragu, atau jika Anda tidak memiliki petunjuk servis, sebaiknya tanyakan kepada pemasang pemanas yang memasang sistem Anda. Agar teknisi dapat memperbaiki sistem pemanas, disarankan untuk mencatat kode kesalahan yang ditampilkan. Beritahukan kepada mereka melalui telepon pada kesempatan berikutnya. Ini akan membantu mereka mempersiapkan perbaikan.

Apakah ketel mengindikasikan adanya kerusakan? Baca panduan kami untuk mengetahui apa yang harus dilakukan dalam kasus ini

Pemanasan gagal? Tetap hangat dengan tips berikut ini

Setelah teknisi pemanas setuju untuk hadir, Anda harus mengatasinya selama waktu tunggu - semoga singkat -. Hal ini tidak selalu mudah, terutama ketika suhu di luar berada di bawah nol derajat. Jika ruangan di rumah tetap dingin, bahkan aktivitas yang nyaman seperti membaca bisa berubah menjadi cobaan. Dengan tips bermanfaat dari kami, Anda dapat mengetahui cara menjembatani waktu hingga janji temu dengan teknisi pemanas meskipun suhu ruangan tidak nyaman.
Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang manfaat kontrak pemeliharaan sistem pemanas dalam panduan kami Kontrak pemeliharaan dan perawatan sistem pemanas.

Hampir setiap rumah tangga memiliki botol air panas di suatu tempat. Jika sistem pemanas ruangan rusak, botol air panas untuk meringkuk di bawah selimut favorit Anda akan memberikan bantuan yang cepat dan dapat diandalkan untuk meredakan rasa dingin. Menggunakan bantal biji-bijian dan, bagi mereka yang memilikinya, selimut elektrik juga bisa membantu. Tentu saja, kita tidak boleh melupakan strategi klasik untuk menjaga kehangatan: minuman panas.

Orang yang tidak banyak bergerak dan juga berpakaian tipis akan lebih cepat kedinginan daripada mereka yang tetap aktif bahkan ketika berada di rumah dalam waktu yang lebih lama, misalnya dengan melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga. Mengenakan jumper, celana ketat yang lebih tebal, dan kaus kaki yang lebih tebal hampir tidak perlu dikatakan lagi jika terjadi kegagalan sistem pemanas.

Apakah Anda sudah mengetahui komunitas kami di www.viessmann-community.com?
Platform pertukaran pengetahuan interaktif kami membahas pertanyaan dan informasi tentang topik "pemanas" dan "teknologi pemanas". Mengapa tidak melihatnya? Mungkin kasus yang serupa dengan Anda telah dibahas di sana.

Mungkin tip yang paling masuk akal tentang cara mengatasi masa tunggu adalah dengan mengatur kontrak perawatan. Untuk memastikan bahwa sistem pemanas berjalan dengan lancar di masa depan, sistem ini harus diservis secara teratur. Sebagian besar kontraktor pemanas menawarkan kontrak pemeliharaan untuk tujuan ini

Siapa pun yang bekerja di dapur selama kegagalan pemanasan mendapat manfaat dari beberapa keuntungan sekaligus: pertama, ini membantu melewati waktu tunggu yang mengganggu, kedua, akan ada sesuatu yang lezat untuk dinikmati di akhir, dan ketiga - yang utama - panas dari oven akan membuat dapur tetap hangat dengan nyaman.

Lilin tidak hanya memberikan suasana yang menyenangkan, tetapi juga memancarkan kehangatan pada ruangan. Namun demikian, semakin banyak lilin yang Anda nyalakan, semakin banyak oksigen yang dikonsumsi dan semakin banyak gas pembakaran yang dihasilkan. Pecinta lilin harus memutuskan sendiri apakah perlu membiarkan udara dingin tapi segar masuk lebih sering jika sistem pemanas mereka gagal. Lilin yang menyala juga tidak boleh ditinggalkan begitu saja dan harus selalu diletakkan di atas permukaan yang aman.

Bagaimana kami bisa membantu?

Untuk pertanyaan mengenai Pemanas Air dan Pemurni Air, klik tombol di bawah ini untuk menghubungi kami melalui WhatsApp, atau kirimkan rincian pertanyaan Anda melalui formulir kontak kami. Kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.

Hubungi kami