Hubungi kami

Pompa panas propana: manfaat, penggunaan, dan biaya

Pompa panas propana berfungsi dengan cara yang sama seperti pompa panas yang telah digunakan sampai sekarang. Mereka adalah pemanas lingkungan yang mengambil energi untuk pemanasan dari energi lingkungan. Penggunaan propana refrigeran alami dan "hijau" (R290) membuat sistem pemanas ramah lingkungan ini lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Viessmann telah membawa komponen tertentu yang diperlukan untuk penggunaan R290 ke kematangan pasar pada pompa panas generasi terbaru. Dalam artikel berikut ini, kami menjelaskan mengapa refrigeran diperlukan, manfaat apa yang dibawanya dan kapan penggunaannya bermanfaat bagi Anda.

Beralih dari refrigeran sintetis ke propana yang ramah lingkungan

Untuk waktu yang lama, hidrokarbon berfluorinasi ("gas-F") digunakan sebagai zat pendingin, seperti R134a atau R410A. Mereka adalah refrigeran sintetis yang sekarang diakui berbahaya bagi iklim. Kelangkaannya diatur dalam "Peraturan Gas-F" (Peraturan (UE) No 517/2014 tentang gas rumah kaca berfluorinasi). Ketentuan dalam Peraturan tersebut membuat penggunaan refrigeran berbahaya dengan GWP tinggi menjadi mahal dan tidak ekonomis. Refrigeran dengan potensi pemanasan global yang sangat tinggi sekarang sepenuhnya dilarang. Kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh refrigeran sintetis ini terhadap iklim mungkin hanya akan terlihat pada saat pembuangannya.

Potensi Pemanasan Global (GWP) - apa artinya?

Potensi Pemanasan Global (GWP) menunjukkan efek gas rumah kaca (misalnya refrigeran) terhadap iklim. Semakin tinggi nilainya, semakin buruk dampaknya. Nilai referensi adalah CO₂ dengan GWP 1. Propana refrigeran ramah iklim (R290) memiliki GWP 0.02. Refrigeran yang telah digunakan untuk waktu yang lama, seperti R410A, memiliki nilai GWP lebih dari 2000.

Refrigeran R290 dan keamanan di bangunan tempat tinggal

Propana, seperti halnya zat pendingin lainnya, tunduk pada persyaratan keselamatan khusus. Dalam kasus gas propana, keamanan sebenarnya telah diuji dengan sangat teliti. Dengan bantuan prototipe, Fraunhofer Institute yang terkenal berhasil merancang pompa panas R290 pada tahun 2019 yang hanya membutuhkan sedikit refrigeran. Sebagai latar belakang: dengan output pemanasan lima hingga sepuluh kilowatt (kW), yang dibutuhkan untuk rumah terpisah, jumlah refrigeran untuk pompa kalor biasanya sekitar 80 hingga 90 gram. Jumlah maksimum 150 gram tidak boleh dilampaui karena akan diberlakukan persyaratan keamanan yang lebih tinggi. Prototipe Fraunhofer Institute hanya membutuhkan 20 gram R290 per kilowatt daya.

Pompa panas dengan R290 juga cocok untuk penggunaan di dalam ruangan

Berdasarkan penelitian ini, adalah mungkin untuk membawa pompa panas propana untuk pengguna pribadi di rumah-rumah terpisah ke kematangan pasar. Berkat konsep keamanan yang tangguh dan penukar panas khusus yang inovatif, pompa panas dengan R290 juga cocok untuk penggunaan di dalam ruangan.

Aspek-aspek berikut ini adalah bukti keamanan pompa kalor dengan gas propana:

  • Sirkuit pendingin tertutup rapat dan tidak memiliki kontak dengan sirkuit air
  • Jumlah refrigeran yang digunakan sedikit
  • Jarak aman wajib ke pintu ruang bawah tanah dan sumur cahaya
  • Kompresor dirancang khusus agar tidak ada propana yang keluar

Manfaat propana sebagai zat pendingin untuk pompa kalor

Persyaratan yang berubah untuk refrigeran berdasarkan Peraturan F-Gas telah menjadikan R290 (propana) sebagai refrigeran yang sangat bermanfaat. Ini karena pompa kalor yang menggunakan propana sebagai refrigeran tidak terpengaruh oleh Peraturan F-Gas. Berkat GWP-nya yang sebesar 0.02, propana jauh lebih tidak berbahaya bagi lingkungan dan iklim. Dalam hal sifat termodinamika, efisiensi tinggi dan biaya, sama sekali tidak kalah dengan refrigeran sebelumnya. Selain itu, ini tersedia dengan harga murah di seluruh dunia.

Baik untuk diketahui: siapa pun yang mengoperasikan pompa kalor dengan refrigeran konvensional tidak perlu khawatir, mereka masih bisa dijual. Pengisian ulang selanjutnya selama servis juga tidak akan menimbulkan masalah, karena refrigeran dapat dengan mudah didaur ulang untuk digunakan kembali. Hanya unit yang baru diproduksi dan ditugaskan yang terpengaruh oleh Peraturan F-Gas yang disebutkan di atas. Dan untuk ini, Viessmann menawarkan alternatif yang lengkap dengan rangkaian Vitocal.

Sekilas tentang keunggulan pompa panas propana Vitocal:

  • Biaya operasional yang rendah karena efisiensi dan keandalan yang tinggi
  • Temperatur aliran 70 °C pada temperatur luar minus 15 °C
  • Radiator yang sudah ada masih bisa digunakan; tidak perlu dikonversi ke pemanas di bawah lantai
  • Desain yang menarik dan berkualitas tinggi untuk unit indoor dan outdoor
  • Desain akustik yang canggih untuk kebisingan pengoperasian yang rendah
  • Hanya 0,52 m² area pemasangan (Vitocal 252-A)
  • Refrigeran R290 yang ramah lingkungan dengan GWP = 0.02
  • Bekerja dengan baik jika dikombinasikan dengan sistem kondensasi yang ada (Vitocal 250-AH)
  • Pengoperasian yang mudah melalui antarmuka WiFi terintegrasi melalui Aplikasi ViCare
  • Sirkuit pendingin tertutup: tidak diperlukan sertifikat pendingin untuk pemasangan

 

Vitocal 250-A

Pompa kalor monoblok dan split untuk semua rentang output

Hampir tidak ada batasan nyata untuk penggunaan gas propana sebagai refrigeran untuk pompa kalor. Pompa panas propana tersedia untuk penggunaan pribadi di semua rentang output dari empat hingga 25 kilowatt. Penggunaan komersial dari output pemanasan 80 kW juga dimungkinkan. Dengan pompa panas Vitocal 250-A, 250-AH dan 252-A generasi terbarunya, Viessmann telah mengembangkan pompa panas monoblok yang ringkas dan bertenaga dengan propana sebagai refrigeran, di mana seluruh sirkuit refrigeran ditempatkan di unit luar ruangan.

Modernisasi sistem pemanas: pompa kalor dengan propana pada bangunan yang sudah ada

Dalam hal modernisasi sistem pemanas, penggunaan R290 sebagai refrigeran pompa kalor bukanlah halangan, tetapi merupakan argumen yang kuat untuk mendukungnya. Setidaknya, sejauh menyangkut generasi baru pompa panas sumber udara Viessmann. Dengan Vitocal 25x-A yang baru, modernisasi sistem pemanas tidak menjadi masalah. Pompa kalor monoblok dengan mudah mencapai suhu aliran 70 derajat Celcius, bahkan pada suhu luar minus 15 derajat Celcius. Ini berarti bahwa radiator yang ada dapat terus digunakan secara sederhana dan efisien. Konversi ke pemanas di bawah lantai tidak diperlukan. Video berikut ini merangkum argumen yang mendukung pompa kalor Viessmann yang baru pada bangunan yang sudah ada:

Pompa panas propana sama sekali tidak kalah dengan sistem pemanas lingkungan dengan refrigeran lain. Namun demikian, apakah operasi ekonomis masuk akal atau tidak pada bangunan yang lebih tua, misalnya, tergantung pada kondisinya. Insulasi energi yang cukup serta kombinasi dengan permukaan pemanas yang besar selalu bermanfaat dalam hal pompa kalor. Tetapi pompa kalor generasi baru, yang refrigeran propana ramah lingkungannya hanya salah satu dari banyak manfaatnya, menawarkan pengoperasian yang efektif bahkan tanpa modernisasi lengkap dan dikombinasikan dengan radiator yang lebih tua.

Yang selalu penting adalah perencanaan yang baik dan pemeriksaan yang cermat oleh kontraktor pemanas. Ia dapat mengklarifikasi semua ketergantungan di lokasi, merekomendasikan langkah-langkah optimalisasi dan melakukan pekerjaan penting selama implementasi.

Pertanyaan tentang biaya: propana tidak ada bedanya dalam hal harga

Apakah propana digunakan sebagai refrigeran dalam pompa kalor tidak ada bedanya dalam hal biaya pembelian sistem pemanas. Melihat perkembangan di masa depan, kemungkinan besar yang terjadi adalah sebaliknya: jika refrigeran dengan potensi pemanasan global (nilai GWP) tinggi digunakan di masa mendatang, hal ini akan menyebabkan lebih banyak biaya dan upaya dalam bentuk aplikasi di masa mendatang sebagai akibat dari Regulasi F-Gas dan "fase turun", yaitu kelangkaan yang diinginkan dari refrigeran ini. Oleh karena itu, refrigeran pilihan masa depan untuk pompa kalor adalah R290.

Subsidi untuk pompa panas propana

Apakah Anda tertarik dengan pompa panas propana untuk rumah Anda? Maka inilah saat yang tepat untuk menarik perhatian pada subsidi negara. Mereka tersedia sebagai hibah atau pinjaman. Kriteria yang membedakan untuk sebuah aplikasi adalah apakah proyek tersebut merupakan langkah tunggal atau langkah dalam proses tindakan lebih lanjut, seperti program modernisasi yang komprehensif.

Bagaimana kami bisa membantu?

Untuk pertanyaan mengenai Pemanas Air dan Pemurni Air, klik tombol di bawah ini untuk menghubungi kami melalui WhatsApp, atau kirimkan rincian pertanyaan Anda melalui formulir kontak kami. Kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.

Hubungi kami