Hubungi kami

Teknologi kondensasi gas - fungsi, manfaat, dan potensi penghematan

Boiler membutuhkan energi pemanas untuk memanaskan ruangan. Semakin banyak energi pemanas yang dikonsumsi, semakin tinggi biaya pemanasan selanjutnya. Selain itu, pembakaran bahan bakar fosil seperti gas alam atau minyak sebagai sumber energi juga berdampak pada lingkungan. Di sinilah teknologi kondensasi membuat perbedaan: teknologi ini meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi CO₂ seminimal mungkin.

Banyak alasan untuk menggunakan teknologi kondensasi gas

Di Jerman saja, masih ada sekitar dua juta sistem pemanas yang digunakan saat ini yang berusia lebih dari 25 tahun. Operator sering kali tidak menyadari berapa banyak uang yang mereka buang untuk energi yang tidak perlu dibakar dan langsung keluar dari cerobong asap sebagai panas yang tidak terpakai. Selain itu, sistem lama ini berdampak pada iklim kita melalui emisi CO₂ yang tidak perlu dan dengan demikian berkontribusi lebih besar terhadap pemanasan global.

Dengan segera mengganti sistem ini dengan boiler kondensasi gas yang sangat efisien yang dikombinasikan dengan teknologi surya, Anda dapat mengurangi konsumsi energi hingga 35 persen. Ini akan berarti sepuluh persen dari total kebutuhan energi Jerman, dengan emisi CO₂ tahunan berkurang sebesar 54 juta ton pada saat yang sama.

Banyak pilihan boiler kondensasi gas

Mengubah dari boiler lama dan tidak efisien menjadi boiler kondensasi gas hemat energi sangat cepat, apakah Anda memilih boiler gas yang dipasang di dinding dan sangat ringkas atau unit yang berdiri di lantai dengan silinder surya terintegrasi. Pemilik rumah terpisah, rumah dua keluarga, dan bangunan apartemen kecil khususnya tidak akan kesulitan menemukan boiler Viessmann yang tepat yang memenuhi semua kebutuhan mereka dalam hal output (hingga 80 kW) dan harga. Dan Anda juga akan dapat mengandalkan teknologi ini di masa depan. Ini karena, selain gas alam, gas cair, dan campuran biogas, boiler kondensasi gas juga cocok untuk digunakan dengan campuran gas yang mengandung hingga 20 persen hidrogen.

Rangkaian produk boiler kondensasi gas

Cara kerja teknologi kondensasi gas

Berbeda dengan boiler suhu konstan dan suhu rendah, cara kerja teknologi kondensasi gas tidak dapat dengan mudah dibagi menjadi pembakaran, gasifikasi, dan pelepasan panas. Di antara dua langkah terakhir, gas buang juga dikondensasi.

Ketika bahan bakar, dalam hal ini gas, dibakar, gas buang dihasilkan di samping energi pemanasan yang terukur. Ini sebagian besar terdiri dari uap air panas, yang komponennya bisa bersifat asam. Untuk melindungi boiler itu sendiri dan sistem cerobong asap dari uap air asam ini, boiler yang lebih tua membuang gas buang langsung ke udara terbuka. Tergantung pada teknologi pemanas, suhu gas buang bisa mencapai 200 derajat Celcius. Kondensasi uap air dalam gas buang dengan demikian sengaja dicegah.

Fakta bahwa uap air panas masih mengandung energi dapat dibuktikan dengan trik sederhana: jika Anda memegang tangan Anda di atas panci berisi air mendidih, Anda akan segera melihat energi ini pada telapak tangan Anda. Hal ini karena uap mengembun di permukaan tangan dan pada saat itu melepaskan panas laten, yang juga disebut panas kondensasi. Teknologi kondensasi gas melibatkan pemulihan panas kondensasi ini dan menambahkannya ke air pemanas. Untuk ini, gas buang panas dilewatkan melalui penukar panas sebelum dilepaskan ke udara terbuka.

Penukar panas terbuat dari baja tahan karat tahan air dan asam dan sangat kompak karena desainnya yang khusus. Saat gas buang panas mengalir melalui koilnya, gas tersebut didinginkan oleh air pemanas yang mengalir kembali ke boiler dari radiator (air balik). Gas buang secara bertahap mengembun. Panas dari uap air yang dihasilkan kemudian ditransfer ke sistem pemanas. Untuk memastikan terjadinya kondensasi, suhu air balik tidak boleh melebihi batas 57 derajat Celcius. Jika tidak, gas buang panas tidak dapat mengembun. Sistem pemanas area seperti pemanas di bawah lantai cocok untuk mendinginkan air balik ini.

Oleh karena itu, penukar panas merupakan komponen penting dari boiler kondensasi gas dan sangat diperlukan untuk teknologi ini. Ia mampu mentransfer panas kondensasi yang diperoleh ke sistem pemanas tanpa kehilangan. Dengan cara ini, ia mengubah hingga 98 persen energi yang terkandung dalam gas panas menjadi panas. Komponen yang tidak bisa dihancurkan yang pemilik sistemnya memiliki jaminan hingga sepuluh tahun.

Kondensasi yang disengaja dari uap air yang terkandung dalam gas buang menghasilkan kondensat. Ini biasanya dapat dibuang ke air limbah (bukan ke instalasi pengolahan limbah kecil), asalkan nilai pH-nya tidak terlalu tinggi. Selain itu, sistem drainase harus tahan asam. Kode Praktik "DWA-A 251" dari Asosiasi Jerman untuk Air, Air Limbah dan Limbah (DWA) digunakan sebagai dasar perhitungan. Ukuran boiler kondensasi gas juga merupakan faktor penting. Jika output pemanasan terukur kurang dari 25 kilowatt (kW), kondensat tidak perlu dinetralkan. Jika antara 25 kW dan 200 kW, pembuangan langsung ke air limbah hanya diperbolehkan dalam beberapa keadaan dengan mengencerkannya dengan air limbah. Untuk sistem pemanas kondensasi gas dengan output lebih dari 200 kW, netralisasi umumnya wajib dilakukan.

Selain drainase kondensat, sistem cerobong juga harus dirancang untuk teknologi kondensasi. Di sini penting agar jumlah asam yang terkandung dalam kondensat tidak merusak sistem. Tekanan positif yang dihasilkan oleh penggunaan kipas (misalnya kipas burner) juga tidak boleh mempengaruhi sistem pipa yang baru. Pipa cerobong yang terbuat dari baja tahan karat atau plastik khusus telah dicoba dan diuji. Jika cerobong asap sudah ada, pipa baru biasanya dapat dimasukkan ke dalam cerobong asap yang ada. Pengaliran ke luar tanpa menggunakan cerobong asap yang ada juga dimungkinkan. Namun, sangat penting untuk meminta saran dari inspektur gas buang dalam kasus ini.

Cara menghemat dengan teknologi kondensasi gas

Berkat panas tambahan dari gas buang yang terkondensasi, boiler kondensasi mencapai efisiensi musiman standar [untuk DIN] hingga 98 persen sehingga sangat hemat energi. Fungsi ini tidak hanya menghemat energi yang berharga, tetapi juga melindungi lingkungan melalui emisi CO₂ yang jauh lebih rendah. Tabel berikut ini menunjukkan dengan tepat penghematan seperti apa yang dapat dicapai:

Penghematan melalui modernisasi dengan boiler kondensasi gas Vitodens 300-W*

Sistem pemanas Sistem lama Sistem baru Penghematan
Konsumsi/tahun 3400 m³ 2500 m³ 900 m³ / 1,8 t CO₂
Biaya/tahun €2510 €1850 €660 / 26 %

* Dasar untuk perbandingan: Rumah (tahun pembangunan 1985), ruang tamu 140 m² dengan boiler gas 27 kW yang sudah tua. Biaya konsumsi dibulatkan dengan menggunakan nilai standar (EID) untuk 3400 m³ gas alam. Harga energi rata-rata tahun 2017

Cadangan pemanas sentral dengan energi surya

Sistem pemanas gas adalah salah satu sistem pemanas yang paling umum dipasang di negara ini. Sistem ini sangat terkenal karena desainnya yang ringkas dan efisiensi energinya yang tinggi. Efisiensi dan kredensial lingkungannya dapat ditingkatkan lebih jauh lagi jika pemilik sistem memilih solusi hibrida teknologi kondensasi gas dan panas matahari. Energi gratis yang dikirimkan oleh matahari masih belum cukup digunakan untuk cadangan pemanas sentral dan pemanas DHW. meskipun itu adalah sumber panas terbersih dari semuanya. Dan pasokannya yang tak terbatas tersedia secara gratis. Saat memodernisasi, Anda harus mempertimbangkan untuk menggabungkan sistem pemanas atau boiler baru Anda dengan sistem panas matahari.

Boiler kondensasi gas Viessmann dapat dioperasikan dalam mode mono atau ganda. Untuk operasi mode ganda dengan sistem panas matahari, silinder yang sesuai sangat penting. Rangkaian Vitocell dari Viessmann sangat cocok dengan sistem panas matahari. Baik itu silinder DHW untuk pemanasan DHW, silinder kombi atau silinder penyangga air pemanas, kami memiliki solusi silinder yang sempurna untuk memenuhi setiap kebutuhan.

Tip: Energi gratis yang diberikan oleh matahari masih belum cukup digunakan untuk cadangan pemanas sentral dan pemanas DHW. Saat memodernisasi, Anda harus mempertimbangkan untuk menggabungkan sistem pemanas atau ketel baru Anda dengan sistem panas matahari.
*Manufacturer's declaration of convertibility to 100 % hydrogen in accordance with the Gebäudeenergiegesetz (GEG) at www.viessmann.de/H2ready.

 

Bagaimana kami bisa membantu?

Untuk pertanyaan mengenai Pemanas Air dan Pemurni Air, klik tombol di bawah ini untuk menghubungi kami melalui WhatsApp, atau kirimkan rincian pertanyaan Anda melalui formulir kontak kami. Kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.

Hubungi kami