Hubungi kami

Frequently asked questions about electric water heaters

Umum

Viessmann merupakan salah satu penyedia solusi iklim (pemanas, pendingin, serta kualitas air dan udara) berkelanjutan dan energi terbarukan terkemuka global asal Jerman, dengan sejarah lebih dari 100 tahun dan keahlian industri yang terdepan. Viessmann SEA berfokus pada kategori produk-produk pemanas air dan pemurni air.

  • Teknologi Jerman Berkualitas Tinggi: Viessmann merupakan perusahaan Jerman dengan reputasi yang sangat baik dalam menyediakan teknik presisi dan manufaktur berkualitas tinggi. Teknik Jerman sering dikaitkan dengan keandalan dan inovasi.
  • Keandalan: Produk Viessmann dikenal karena keandalan dan daya tahannya untuk masa pakai jangka panjang. Reputasi masa pakai jangka panjang ini dapat meyakinkan pelanggan yang mencari produk yang tahan lama.
  • Layanan dan Dukungan: Viessmann memberikan dukungan dan layanan pelanggan yang sangat baik. Selain produk yang dilengkapi dengan garansi, Viessmann juga menawarkan rencana pemeliharaan dan perbaikan untuk memastikan kinerja yang berkelanjutan.

Pemanas air instan bekerja dengan memanaskan air secara langsung saat air mengalir melalui perangkat. Pemanas air ini tidak memiliki tangki penyimpanan untuk menampung air panas. Pemanas air instan biasanya digunakan untuk satu titik penggunaan, terutama keran pancuran.

Sedangkan pemanas air storage dilengkapi dengan tangki air di mana air dingin disimpan dan dipanaskan. Air panas tersebut kemudian dikeluarkan dari pemanas air penyimpanan dan dapat disuplai ke berbagai saluran keluar air panas di rumah, seperti keran pancuran, keran kamar mandi, dan keran bak cuci piring.

Jika tekanan air terlalu rendah, debit air menjadi mengecil. Sayangnya, Anda tidak dapat mengatur tekanan air dari pemanas air storage karena semua tekanan air bergantung pada pasokan air ke rumah Anda, dan pemanas air tidak dapat mengatur tekanan air. Pemanas air instan Viessmann menyediakan produk yang dilengkapi dengan Pompa air DC untuk meningkatkan aliran air sesuai keinginan pelanggan jika tekanan air rumah rendah.

Selain tekanan air, Anda juga perlu memeriksa laju aliran air. Laju aliran air menentukan jumlah air yang mengalir melalui pipa suplai, sedangkan tekanan air menentukan gaya yang mendorong sejumlah air melalui pipa suplai. Jika aliran air kurang deras, maka debit air di pancuran Anda akan tetap kecil, seberapa besar pun tekanan yang diberikan.

Aliran air yang kurang deras biasanya disebabkan oleh penyumbatan pipa atau ukuran pipa yang lebih kecil pada bagian tertentu dari pipa suplai. Anda dapat berkonsultasi dengan tukang ledeng berlisensi untuk mendapatkan saran lebih lanjut guna mengatasi masalah tersebut.

Pancuran air sebagi contoh,

  1. Nyalakan pancuran air sampai maksimal.
  2. Ambil gelas ukur dan letakkan di bawah pancuran air untuk menampung air yang keluar.
  3. Biarkan selama 10 detik lalu jauhkan gelas ukur dari pancuran air untuk menghentikan penampungan air.
  4. Lihat volume air yang ditampung dalam gelas ukur lalu kalikan 6. Ini akan menghasilkan perkiraan laju aliran air per menit.

Ada beberapa kemungkinan yang berkaitan dengan masalah kabel/catu daya.

  • Sambungan kabel yang salah, atau kabel yang aus/rusak karena kabelnya menyatu atau bersentuhan sehingga menyebabkan korsleting
  • Kegagalan dalam menyambungkan kabel ke soket/titik instalasi listrik khusus dengan daya listrik yang memadai untuk mendukung penggunaan pemanas air.
  • Penggunaan soket/titik instalasi listrik secara bersamaan dengan peralatan listrik lainnya mengakibatkan jaringan listrik kelebihan beban. Titik instalasi listrik untuk pemanas air tidak boleh digunakan dengan perangkat lain.
  • Titik instalasi / saklar pemanas rusak.

Silakan berkonsultasi dengan teknisi listrik untuk memeriksa dan memperbaiki masalah kelistrikan. Jika mati listrik terjadi terus-menerus bahkan setelah pemeriksaan kelistrikan, silakan menghubungi Dukungan Layanan Viessmann untuk memeriksa dan memperbaiki unit pemanas air Anda.

Khusus untuk pemanas air instan

Pastikan saluran masuk dan keluar air tersambung dengan benar. Salah satu fitur keselamatan pada pemanas air instan Viessmann adalah pemanasan tidak akan diaktifkan ketika aliran air masuk dan keluar tidak tepat. Anda dapat merujuk pada label di bagian bawah unit pemanas air Anda untuk mengidentifikasi saluran masuk dan keluar pemanas.

 

Pastikan laju aliran air minimal 2L/menit dan tekanan minimal 0,1bar. Jika tidak, pemanasan tidak dapat diaktifkan.

Jika pemanas air masih tidak berfungsi, silakan menghubungi Dukungan Layanan Viessmann untuk memeriksa dan memperbaiki unit pemanas air Anda.

 

  • Laju aliran air terlalu tinggi: Untuk pemanas air instan, elemen pemanas menghasilkan panas pada air yang mengalir melaluinya. Terdapat jumlah panas maksimum yang dapat dihasilkan ketika unit pemanas mencapai daya pengoperasian maksimum. Jika laju aliran air terlalu tinggi, jumlah panas yang dihasilkan harus didistribusikan ke air mengalir dengan volume lebih banyak, sehingga suhu aliran air umumnya akan lebih rendah. Dalam situasi seperti ini, nyalakan sebagian keran pancuran, atau pasang pembatas aliran untuk mengurangi pasokan air ke pemanas air.
  • Tekanan air terlalu tinggi: Jika air mengalir terlalu deras karena tekanan yang tinggi, air yang mengalir deras tidak akan mampu memanas secara efisien sehingga suhu aliran air yang keluar akan lebih rendah. Pastikan tekanan air sesuai dengan kisaran pengoperasian yang disarankan yaitu 0.1 – 6 bar.
  • Pasokan air terlalu dingin: Jika suhu pasokan air jauh lebih rendah dari biasanya, jumlah panas maksimum yang dihasilkan pun mungkin masih tidak cukup untuk menaikkan suhu air dingin secara instan ke suhu yang diinginkan.

Bila debit air di pancuran berkurang, mungkin terjadi penyumbatan sedimen pada filter katup penghenti. Keluarkan Filter dan siram dengan air untuk menghilangkan sedimen yang terperangkap.

Noda atau zat di kepala pancuran/penyumbatan di pipa semprot pancuran biasanya disebabkan oleh penumpukan mineral partikulat seperti besi dan kalsium karbonat yang terdapat dalam persediaan air. Lepaskan pancuran dan bilas endapan dengan air.

Khusus untuk pemanas air storage

Sebelum menyalakan catu daya, buka keran air dan pastikan bahwa pemanas air penyimpanan terisi penuh dengan air. Hal ini dilakukan untuk menghindari komponen termal seperti termostat, elemen pemanas menjadi hangus terbakar dan rusak.

Pastikan saluran masuk dan keluar air tersambung dengan benar, jika tidak, air yang lebih dingin di tangki penyimpanan akan dikeluarkan terlebih dahulu. Ornamen merah dan biru masing-masing menunjukkan saluran keluar air panas dan saluran masuk air dingin untuk pemanas air storage Viessmann.

This image shows the bottom of the Vitowell comfort Classic (cube).

Jika pemanas masih tidak berfungsi, silakan menghubungi Dukungan Layanan Viessmann untuk memeriksa dan memperbaiki unit pemanas air.

Laju aliran air pada keran (misalnya pada pancuran) yang mengambil air panas dari pemanas air storage terlalu tinggi. Ini berarti air panas yang disimpan di pemanas dikonsumsi lebih cepat daripada kecepatan air dingin yang diisi ulang ke dalam tangki. Dalam situasi seperti ini, nyalakan keran air sebagian saja atau pasang pembatas aliran untuk mengurangi aliran air.

Air dalam pemanas air penyimpanan mungkin belum sepenuhnya panas. Oleh karena itu, berikan waktu agar air menjadi panas sebelum digunakan. Indikator lampu pada pemanas air storage Viessmann adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah proses pemanasan telah selesai.

Use the light indicators on Viessmann storage water heaters to easily recognise whether the heating process is completed.

Heating progress

Vitowell comfort Premium/Deluxe
Vitowell comfort Classic

Katup pelepas tekanan perlu dipasang di saluran masuk air dingin dari pemanas air storage untuk mencegah tekanan berlebih pada tangki, kebocoran, atau bahkan ledakan. Anda dapat menemukan katup pelepas tekanan yang disertakan dalam paket aksesori setiap unit pemanas air storage Viessmann.

Setiap kali tekanan air pada pemanas air terlalu tinggi, katup pelepas tekanan akan melepaskan tekanan berlebih melalui keluaran/tetesan air. Keluaran/tetesan air ini akan berhenti ketika tekanan air berkurang dan stabil.

Untuk memeriksa apakah keluaran/tetesan air disebabkan oleh pengoperasian normal katup pelepas tekanan, Anda cukup menyalakan air di pancuran selama 20-30 detik, dan amati apakah tetesan pada katup pelepas tekanan berhenti.

Jika air menetes secara permanen, silakan menghubungi Dukungan Layanan Viessmann untuk memeriksa dan memperbaiki kemungkinan kerusakan pada katup pelepas tekanan.

Untuk memastikan kinerja terbaik dari perangkat ini, disarankan untuk mengganti anoda magnesium, membuang sisa garam di tangki pemanas, dan membersihkan kerak elemen pemanas setiap dua tahun sekali. Siklus pemeliharaan dapat bervariasi tergantung pada kualitas air. Penting untuk melibatkan tukang ledeng atau teknisi servis untuk melakukan pekerjaan pemeliharaan.

Hunbungi Viessmann

Bagaimana kami bisa membantu?

Untuk pertanyaan mengenai Pemanas Air dan Pemurni Air, klik tombol di bawah ini untuk menghubungi kami melalui WhatsApp, atau kirimkan rincian pertanyaan Anda melalui formulir kontak kami. Kami akan menghubungi Anda sesegera mungkin.

Hubungi kami