Keberlanjutan Viessmann

Generasi ketiga sekarang memimpin bisnis keluarga Viessmann. Oleh karena itu kami sangat menyadari tanggung jawab sosial kami serta menjaga sumber daya alam untuk masa depan generasi yang akan datang. Tindakan untuk melindungi sumber daya dan lingkungan yang dirancang untuk mendorong tindakan berkelanjutan adalah bagian dari budaya perusahaan, seperti halnya upaya terus-menerus untuk meningkatkan efisiensi di seluruh rantai proses – dari pemasok hingga pelanggan akhir.

Komite pengarah dan pihak-pihak yang bekerja

Strategi keberlanjutan Viessmann berpusat pada proses yang terhubung langsung ke siklus hidup produk (lihat diagram). Namun, aspek ekologi seperti efisiensi energi dan material, emisi zat berbahaya dan keanekaragaman hayati, ditambah topik sosial seperti struktur SDM, kesehatan kerja, pendidikan lebih lanjut, dan kepuasan staf juga dipertimbangkan.

Membagi area aktivitas di antara empat pihak yang bekerja memastikan cakupan yang lengkap dalam hal analisis:

  • Strategi & pengendalian
  • Produk & proses
  • Sumber daya & infrastruktur
  • Karyawan & lingkungan kerja

Semua kegiatan dikoordinasikan oleh komite pengarah, yang memberikan tugas kepada pihak-pihak yang bekerja dan menyusun hasilnya. Komite pengarah melaporkan kepada dewan administrasi dan menyiapkan keputusan.

Strategi keberlanjutan dalam dua fase

Penerapan operasional dari strategi keberlanjutan dibagi menjadi dua fase:

Pada tahap pertama dilakukan penilaian secara menyeluruh. Hal ini meliputi deskripsi status aktual di semua area aktivitas yang relevan berdasarkan angka-angka penting. Sebuah penilaian yang komprehensif dari tuntutan dan persyaratan dari grup kontak yang paling penting (pemangku kepentingan), termasuk pelanggan, pemasok, karyawan, otoritas, kota, klub dan asosiasi juga merupakan bagian dari analisis aktual.

Pada tahap kedua, hasil penilaian dikumpulkan dan dievaluasi. Kemudian standar ditetapkan atau disesuaikan untuk membentuk spesifikasi seluruh perusahaan. Untuk angka-angka utama yang paling penting (indikator utama), target dengan tenggat waktu ditentukan dan didistribusikan kepada mereka yang bertanggung jawab di perusahaan dan anggota Viessmann Group.

ID_company_sustainability_content-image-1_L.png

Siklus PDCA

Semua kegiatan yang berkaitan dengan keberlanjutan dikoordinasikan oleh komite pengarah, yang melapor ke dewan administrasi.

Sistem pengendalian memastikan bahwa pencapaian target akan dipantau dan umpan balik akan diminta. Menetapkan target (Rencana), menerapkan langkah-langkah (Lakukan), pemantauan dan umpan balik (Periksa) dan menurunkan target baru (Bertindak) menghasilkan proses berkelanjutan ("siklus PDCA"), yang mengarah pada peningkatan keberlanjutan dari semua produk dan proses di perusahaan.

Strategi keberlanjutan

Strategi keberlanjutan Viessmann mencakup seluruh rantai nilai:

  • Penelitian & pengembangan
  • Pengadaan
  • Produksi
  • Penjualan
  • Logistik
  • Penggunaan produk
  • Perawatan & daur ulang
ID_company_sustainability_content-image-2_L.png
ID_company_sustainability_content-image-3_L.png

"Efisiensi Plus" - Efisiensi energi dalam praktik

Penggunaan energi yang efisien untuk daya saing yang lebih besar

Viessmann adalah salah satu produsen terkemuka di dunia dengan sistem yang cerdas, nyaman, dan efisien untuk pemanasan, pendinginan, dan pembangkit energi terdesentralisasi.

Proyek keberlanjutan 'Efisiensi Plus' yang strategis memungkinkan Viessmann menawarkan produk inovatif kepada pelanggan yang dibedakan oleh kualitas terbaik, efisiensi energi, dan masa pakai yang lama. Teknologi Viessmann memungkinkan tercapainya tujuan energi dan iklim yang ditetapkan pada tingkat politik untuk tahun 2050 saat ini.

Lebih dari 40 tahun yang lalu perusahaan mulai memasang fasilitas produksi hemat energi dan bahan baku di lokasi utamanya di Allendorf (Eder), Jerman. Penghematan yang berkelanjutan dan peningkatan efisiensi telah memungkinkan banyak pencapaian untuk dicapai sejak saat itu.

Keanggotaan untuk perlindungan iklim

Viessmann adalah salah satu dari 15 perusahaan yang menjadi anggota Kelompok Perlindungan Iklim dan Efisiensi Energi Industri Jerman [Klimaschutz- und Energieeffizienzgruppe der deutschen Wirtschaft]. Kementerian Federal untuk Lingkungan Hidup, Kementerian Federal untuk Urusan Ekonomi, dan Asosiasi Kamar Dagang dan Industri Jerman [DIHK] menjalin kemitraan pada tahun 2009 – awalnya dengan empat perusahaan pendiri: Viessmann, berolina Schriftbild GmbH, ebm-papst Mulfingen GmbH dan Prinovis GmbH.

Perusahaan anggota harus memenuhi kriteria yang paling ketat. Misalnya, kebijakan perusahaan mereka harus mencakup perlindungan iklim dan efisiensi energi dan laporan kinerja/pencapaian harus dipublikasikan secara berkala. Data konsumsi dan emisi gas rumah kaca juga harus dicatat dan diimbangi secara sistematis, dan masalah perlindungan iklim dan efisiensi energi harus menjadi bagian integral dari pelatihan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Tujuan kemitraan untuk perlindungan iklim, efisiensi energi, dan inovasi adalah untuk memanfaatkan potensi perlindungan iklim dan efisiensi energi perusahaan yang ada. Perusahaan juga harus berkomitmen untuk mempromosikan penggunaan teknologi inovatif untuk memanfaatkan potensi ini selama operasi praktis, dan prasyarat harus ditetapkan untuk mencapai target ambisius untuk perlindungan iklim dan untuk meningkatkan efisiensi energi dengan cara yang layak secara ekonomi.

ID_company_sustainability_content-image-4_L.png